Breaking News

Usai Dilantik Jadi Presiden RI, KaKINda Provinsi Aceh Sambut Baik Harapan Prabowo "Swasembada Energi Jadi Fokus Utama...!

BANDA ACEH | Selamat dan Sukses atas Pelantikan Presiden RI Ke 8, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yakin keduanya optimistis Indonesia mampu melakukan swasembada energi dan tidak bergantung pada negara lain di bawah era kepemimpinannya.

"Yang paling menarik, Presiden dan Wakil Presiden yang dilantik hari ini Minggu 20 Oktober 2024, bisa menciptakan pemerintahannya nanti akan fokus untuk mencapai swasembada energi," kata Prabowo dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta.

KaKINda Provinsi Aceh Arief Adam Ghazali, S.ud., M.ag., M.Cp., menjelaskan bahwa swasembada energi sangat diperlukan oleh Indonesia sebagai negara yang berdaulat dalam keadaan ketegangan dan kemungkinan perang yang bisa terjadi di mana-mana sewaktu-waktu.

Dalam posisi tersebut, kata dia, masing-masing negara akan berfokus pada negaranya sendiri. Jika perang berkecamuk, Indonesia akan sulit dalam mendapatkan sumber energi dari negara lain.

"Oleh karena itu, kita harus mendukung program presiden RI Ke 8, untuk meningkatkan swasembada energi yang lebih maju.," tegas Arief.

KaKINda Provinsi Aceh mengutip pidato Presiden, menyebutkan Indonesia diberikan karunia oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa berbagai tanaman-tanaman yang bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi seperti kelapa sawit, singkong, tebu, jagung, dan lain sebagainya yang bisa diolah menjadi sumber energi tanpa perlu bergantung pada negara lain.

Prabowo juga mengungkapkan Indonesia memiliki berbagai sumber energi seperti panas bumi (geotermal), batu bara, serta air yang jumlahnya melimpah di Bumi Zamrud Khatulistiwa ini.

"Alhamdulillah, kita punya sumber air yang cukup dan kita sudah punya teknologi menghasilkan air yang murah dan bisa memenuhi kebutuhan kita," tutur Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024—2029 berjalan dengan khitmad dan lancar.

Sebanyak 732 anggota MPR RI turut menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. 

Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.*

Sumber : KaKINda Aceh
Editor    : Redaksi (Ir)
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini