Breaking News

Tak Disangka..! Temuan Butiran Emas di Kawasan DAS Pedalaman Gampong Blang Beururu Peudada, Hebohkan Warga Bireuen

BIREUENPuluhan warga di Luar kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, ramai-ramai berburu mencari butiran emas di Sungai Blang Beururu kecamatan Peudada. 

Amatan media dilokasi, kamis 5 September 2024, Sejumlah warga mengaku menemukan butiran emas sebiji cabe itu tidak segampang yang kita duga sebelumnya, tidak mudah harus menyisihkan waktu dengan benar-benar tekad dan sabar.

Perburuan emas di Sungai Blang Beururu Peudada tersebut, ini dilakukan warga sejak satu pekan terakhir. Warga dari berbagai desa mendatangi bantaran sungai untuk mencari emas yang dikabarkan banyak terdapat di duga menjadi lokasi yang bisa dikatakan tambang emas.

Very, Aparatur Gampong Blang Beururu, saat mengetahui temuan emas dilokasi tersebut terkejut, saat itu masih belum percaya, namun hari ke hari terlihat orang berdatangan, saat melihat benar dilokasi tersebut terdapat benda berharga yaitu emas," katanya.

Pengakuan itu dikuatkan oleh Ummi Abi Blangkubu, yang memiliki seorang anak dekat lokasi tersebut saat ini memanfaatkan usaha kecil yaitu jualan, yang menyatakan sehari sebelumnya ada orang menemukan sebiji terong dibawa ketoko mas, benar itu emas. Hal ini diketahui setelah melakukan pengujian menggunakan cairan kimia yang dimiliki. “Kadar emasnya Emas Murni A,” ujar pemilik toko emas nawar kepada Ummi  tersebut.

Entah benar atau tidak, kabar tersebut telah memancing puluhan warga membanjiri Sungai Blang Beururu. Setiap harinya mereka rela berendam di sungai untuk mencari perhiasan emas. Mereka percaya sungai itu masih banyak butiran emas, setelah beberapa pemburu menyatakan menemukan emas dalam ukuran biji cabe. Mereka mencari butiran emas yang terdapat dalam kandungan pasir sungai.” katanya.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing dengan hal-hal lain, untuk butiran emas semnatara waktu kami dari aparatur desa membenarkan adanya temuanya dari warga yang selama ini menyisihkan waktu untuk mencarinya di tempat itu. Butiran emas yang begitu kecil kami duga lokasi tersebut memiliki tambangnya," Ungkap very.

Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, yang didampingi oleh Kasi PMG M.Rudiansyah Saratoga, saat mendengar hal tersebut, kami langsung meninjau lokasi yang diduga ditemukan tambang emas kawasan terpencil Gampong Blang Beururu, menyatakan sebelumnya tidak tahu atas fenomena tersebut. Saat mendengar dari mulut kemulut, hal tersebut kepikir hanya omongan kosong, namun hal tersebut akhirnya terbantahkan. Benar dilokasi tersebut banyak warga yang berdatangan untuk memburu mencari butir emas yang selama ini diduga lokasi tersebut adanya temuan butiran emas. 

Setelah tiba dilokasi, camat Erry beserta Rombongannya, menghampiri warga yang sedang berusaha mencarinya, kebtulan salah satu warga sudah menemukannya butiran emas yang saat itu sudah dimasukkan dalam botol kecil. Butiran emas yang berukurannya sebiji cabe terlihat jelas. 

Untuk sementara waktu, kami dari pihak kecamatan akan berkoordinasi juga dengan pihak terkait, jangan sampe nanti ada hal-hal yang tidak kita indahkan terjadi dilokasi yang kita duga adanya butiran emas, mudah-mudahan Dia hanya berjanji untuk berkoordinasi dengan ini nanti jadi perhatian khusus dari Dinas Pertambangan guna menyelidiki kebenaran pasir emas di Blang Beururu Peudada Bireuen. Pungkas Camat Erry.

Sumber/editor : Redaksi (Ir)

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini