Breaking News

Layak Jadi Contoh! Camat Erry Mengapresiasi Pemdes Blang Beururu Peudada Bangun Rumah Layak Huni Untuk Warga Gunakan DD

BIREUENPemerintah Desa ( Pemdes) Blang Beururu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh terus mendorong pembangunan infrastruktur dan penyediaan perumahan yang layak huni untuk masyarakatnya melalui Dana Desa (DD).

Kepala Desa (Keuchik) Blang Beururu melalui Kasi Pembangunan Very mengungkapkan,
selain sandang dan pangan, keberadaan infrastruktur lainnya, seperti rumah warga miskin juga menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi yakni, rumah yang layak huni, agar para penghuninya lebih aman dan nyaman juga mewujudkan lingkungan yang sehat.

Dikatakan, Very selaku kasi Pembangunan, selain prioritas pada infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, juga fokus pada program tarhadap penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial.

“Salah satu program tersebut yakni peningkatan rumah layak huni bagi masyarakat adalah prioritas, sehingga diharapkan dengan menempati rumah layak huni, akan berdampak pada aspek kesehatan warga yang meningkat, ketahanan keluarga, hingga memberikan tingkat kenyamanan baik secara fisik maupun psikis, dan terpenting akan melahirkan rasa aman,” ujarnya kepada asumsipublik.id, Kamis (5/9/24).

Ditambahkannya, bahwa upaya penyediaan rumah layak huni bagi warga tersebut adalah hal yang sangat penting, karena rumah layak huni merupakan cerminan dari kehidupan layak bagi warga guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Satu Unit rumah layak huni untuk tahun 2024 ini kita bangun dengan jumlah pagu anggaran total 80 juta, ( Delapan puluh juta),” dengan nama penerima yaitu Yusnidar (47), dengan jumlah tanggungan 3 orang," terang Very.

Sementara Camat Peudada Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, yang didampingi langsung oleh Kasi PMG M.Rudiansyah Saratoga, S.STP, bersama Koordinator Pendamping Desa M.Akhyar ST, hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Layak Huni untuk warga miskin menggunakan Dana Desa, menyebutkan, program ini terus kita upayakan semaksimal mungkin, supaya bisa berlanjut, apalagi program ini gencar dilakukan mulai dari pemerintah pusat, daerah sampai kedesa. Untuk Penerimanya dapat mengikuti aturan sebagaimana tertuang dalam peraturan daerah 'kriteria berhak menerima rumah layak huni.

Program ini bertujuan untuk menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat dengan biaya terjangkau." Tegas Camat Erry.

Setelah acara peletakan batu pertama selesai, Penerima rumah atas nama Yusnidar, berterimakasih kepada Keuchik Gampong dan seluruh Perangkat Gampong, lembaga Gampong dan Tgk Imum Gampong yang telah memberi bantuan kepadanya, yaitu pembangunan rumah layak huni, mudah-mudahan bantuan ini bisa kita manfaatkan sebagaimana harapan kita bersama. Terimakasih juga kepada pak camat yang hari ini telah hadir langsung kelokasi pembangunan rumah kami." Ujarnya dengan nada sedih penuh haru.

Keuchik Blang Beururu Azwar melalui Kasi Pembangunan Very menambahkan, ianya juga berterimakasih kepada bapak Camat yang terus memberi motivasi untuk pembangunan Desa, mulai dari infrastruktur sampai kegiatan sosial lainnya, ini tidak terlepas juga upaya kami pemerintah desa dalam hal menuntaskan kemiskinan ekstrim.

Diketahui kondisi Warga dalam Gampong Blang Beururu "Seiring dengan pertumbuhan populasi, juga perlu kebutuhan terhadap perumahan warga yang layak untuk ditingkatkan.“Banyak masyarakat yang belum memiliki rumah sendiri atau tinggal di lingkungan yang tidak sehat dan tidak memadai,” pungkas Very.

Sumber/editor : Redaksi (Ir)

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini