Breaking News

Dukung Program Ketahanan Pangan, Kapolsek Peusangan Hadiri Penyerahan Bibit Ayam Kampung

BIREUEN | Dukung program ketahanan pangan, Kapolsek Peusangan Ipda Januar Mutawali S.H., mendampingi pembagian bibit ayam kampung kepada masyarakat setempat. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba guna Desa Neuhun Kec. Peusangan Kab. Bireuen pada Selasa, 17 September 2024.

Sebanyak 214 Kepala Keluarga (KK) menerima bantuan bibit ayam kampung, masing-masing mendapatkan 11 ekor ayam dengan total keseluruhan 2.354 ekor. Bibit ayam yang dibagikan berusia sekitar 7 bulan, sehingga siap dipelihara oleh masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan di desa tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Peusangan, Danramil 06 Peusangan, Bhabinsa 06 Peusangan, Pendamping Kecamatan Peusangan, Kasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG), Pendamping Lokal Desa, Keuchik, Tuha Peut, perangkat desa, serta masyarakat Desa Neuhun  yang mendapat bantuan ketahanan pangan berupa Bibit ayam.

Disela kegiatan Kapolsek Peusangan Ipda Januar Mutawali menyampaikan, bahwa pemberian bantuan berupa bibit Ayam Kampung yang bersumber dari anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2024 dengan alokasi 20% untuk sub bidang ketahanan pangan. Hal ini bertujuan untuk membantu perekonomian dan meringankan beban masyarakat.

“Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat dan saya sebagai Kapolsek hadir disini untuk memantau kegiatan tersebut agar penyalurannya tepat sasaran, serta dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tuturnya.

Kapolsek menyebutkan, kegiatan pembagian bibit ayam kampung ini sekaligus mewujudkan ketahanan pangan, tidak melalui pertanian saja peternakan juga merupakan salah satu Hanpangan.

“Ini merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka pertahanan pangan sekaligus tugas dan tanggung jawab seorang Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mengatasi perekonomian di desa binaannya,” ungkap Iptu Januar Mutawali.

Program ini tidak hanya selesai pada tahap pembagian saja. Pemerintah desa bersama pihak terkait akan melakukan pemantauan terhadap perkembangan bibit ayam kampung tersebut, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara beternak yang efektif dan efisien. Evaluasi berkala juga akan dilakukan guna melihat sejauh mana dampak program ini terhadap ketahanan pangan dan ekonomi desa.

Dengan adanya program ini, Kapolsek berharap Desa Neuhun dapat menjadi contoh bagi desa lain di Bireuen dalam memanfaatkan dana desa untuk kepentingan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Sandi Humas Polres Bireuen
Editor    : Redaksi (Ir)

© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini