Breaking News

Pendaftaran Calon Kepala Daerah Berakhir, KIP Aceh: Hanya Dua Pasangan Calon Gubernur yang Mendaftar

BANDA ACEH | Pentas Politik Pilkada di Aceh dimulai, pantau awak media hari terakhir pendaftaran Calon Gubernur dan wakil Gubernur Aceh hanya ada dua pasangan calon yang resmi sudah mendaftarkan diri di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kamis, 29 Agustus 2024.

Dari kedua pasangan tersebut, Pasangan pertama yang mendaftar adalah Bustami Hamzah dan Tgk Muhammad Yusuf A Wahab alias Tu Sop, pendaftaran keduanya mendapat dukungan langsung dari berbagai partai politik seperti Partai Golkar, NasDem, PAS, PKN, PDA, PAN, Gabhtat, dan Partai Buruh. Dukungan ini menunjukkan kekuatan koalisi mereka dalam Pilkada Aceh 2024 ini.

Sementara pasangan calon kedua, Muzakir Manaf alias Mualem dan Fadhlullah Dek Fadh, juga mendaftar di hari yang sama setelah paslon pertama selesai.

Koalisi partai yang mengusung Mualem dan Dek Fadh terdiri dari Partai Aceh, Gerindra, Demokrat, PKB, PKS, PPP, PSI, Partai Ummat, Partai Nanggroe Aceh, PDI-P, dan Garuda, menguasai 52 dari 81 kursi di DPR Aceh.

Sedikit tinjauan profil Mualem sebelumnya, menjabat sebagai mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Ketua Umum Partai Aceh, bersama Dek Fadh, mantan Kombatan GAM dan Ketua Partai Gerindra Aceh. Mualem pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, sedangkan Dek Fadh saat ini merupakan anggota DPR RI.

Hal tersebut juga tidak kalah saing dengan Bustami dan Tu Sop, keduanya memiliki latar belakang yang begitu membagikan, baik dalam segi pembangunan maupun dalam segi keagamaan. 

Dengan berakhirnya pendaftaran, dua pasangan calon yang terdaftar di KIP Aceh, ini menjadi perhatian khusus bagi rakyat Aceh dalam pilkada 2024 mendatang, persaingan pilkada Aceh ini bukan untuk mencari musuh, walaupun ada yang menganggap persaingan ketat. Berharap, Kedua pasangan ini yang memiliki dukungan politik kuat dari berbagai koalisi, insyaallah bisa membawa Aceh lebih bermartabat.*

Sumber : Rel.KIP Aceh/Safrina
Editor    : Redaksi (Ir)
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini