Breaking News

Ayah Blang Panyang: Mukmin Kuat Lebih Dicintai Allah Daripada Mukmin Yang Lemah

LHOKSEUMAWE | Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) kembali menggelar Training of trainer (ToT) untuk membentuk pengkaderan pemuda yang peduli akan realitas yang menimpa ummat islam, sumbangsih kemajuan intelektual diharap tidak hanya berkutat dilingkungan dayah saja akan tetapi bagaimana kekuatan dayah dapat disatukan menjadi pemikir-pemikir yang merumuskan dan mendakwahkan ahlusunnahwal jama'ah sebagai solusi keruntuhan umat islam yang sedang melanda kita.

Pada kegiatan pelatihan kader di Lhokseumawe diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari Teungku-teungku dayah yang berdomisili diseluruh kecamatan petro dollar.

Acara bertajuk ‘kader dakwah dayah kota Lhokseumawe’ digelar selama 3 hari sejak Jum'at pagi hingga Ahad petang, (12-15 Juli 2024) dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Aceh yang bertaut dengan dinas terkait seperti Dinas Pendidikan Dayah dan Dinas Syari’at Islam.

Ketua HUDA Lhokseumawe Tgk. H. Zulkarnaini Juned atau ayah Blang Panyang dalam sambutannya meresahkan fenomena yang terjadi di desa-desa yang pernah dikunjunginya, yang menjadi  imuem gampong dan muadzin cenderung diperankan oleh oleh orang yang sudah berumur.

“pimpinan shalat jama'ah ngen muadzin tinggai ureung-ureung tuha,“ tukas Ayah Blang Panyang.

Beliau juga mengutip hadits Nabi shalallahu’alaihi wassalam bahwa mukmin yang kuat lebih dicintai Allah ‘Azza wa jalla dari pada mukmin yang lemah.

“muslim yang kuat imannya, tenaganya, ilmunya, hartanya, ekonominya, agamanya lebih disukai Allah dari pada mukmin yang lemah,” lanjut Ketua HUDA Lhokseumawe.

Pengetahuan yang baik tentang aqidah, ibadah dan muamalah adalah hal yang mesti bisa di dakwahkan kepada semua kalangan masyarakat.

Karena baiknya keadaan dunia karena ‘ilmu dan buruknya kondisi dunia karena kebodohan.

Sedang Ilmu yang tidak didakwahkan akan kehilangan keberkahannya.

“oleh karena demikian kami mengharapkan guru-guru kami sekalian yang menjadi peserta training hari ini, besok atau lusa akan menjadi trainer pada pemuda kita,” tutur Tgk. Waled Zulkarnaini Juned.

Kegiatan Training of Trainer tersebut diresmikan secara langsung oleh Penjabat Walikota Lhokseumawe A. Hanan, SP, MM Jum'at (12/7) di Hotel Diana.

Dihadiri oleh Kadis Pendidikan Dayah Aceh yang diwakili oleh Kepala bidang SDM Andriansyah, S.Ag, MH dan Kadis Syari’at Islam Lhokseumawe yang diwakili oleh Ibu Sa'diah.

Sebelumnya dalam tahun ini HUDA sudah menggelar ToT di beberapa kabupaten /kota diantaranya Aceh barat, Banda Aceh,  Pidie Pidie Jaya dan Aceh utara.

Insya Allah kedepan HUDA akan menggelar kegiatan yang sama di Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan dan Subulussalam.

Sumber : Rizki Satria Manalu
Editor    : Redaksi (Ir)
© Copyright 2022 - Asumsi Publik - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini